Rahmah Dewi Saragih, Sri and Anim, Anim (2018) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNIVERSITAS ASAHAN. In: Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan 2018. Universitas Asahan, Kisaran, pp. 10-17. ISBN 978-602-50396-1-4
Text
Sri rahma dewi.pdf - Published Version Download (637kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Take And Give lebih baik terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa daripada dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada mata kuliah strategi pembelajaran matematika tahun akademik 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VIIA dan VIIB mahasiswa FKIP UNA dan merupakan sampel dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen. Keefektifan model Take And Give diukur dengan menggunakan tes. Tes hasil belajar strategi pembelajaran matematika menggunakan tes berbentuk uraian sebanyak 5 butir soal dan memiliki reliabilitas tinggi 0,712 menggunakan rumus Alpha. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa mahasiswa yang di ajar dengan menggunkan model pembelajaran Take and Give lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang di ajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh thitung(1,90)> ttabel(1,68) pada taraf signifikan = 0,05 dan dk = 50. Karena thitung> ttabel maka hipotesis diterima. Berdasarkan penemuan ini, beberapa kesimpulan dan saran disampaikan untuk perbaikan perkuliahan strategi pembelajaran matematika.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Take And Give, kemampuan berpikir kritis mahasiswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat |
Date Deposited: | 05 Nov 2018 11:21 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 11:39 |
URI: | http://repository.una.ac.id/id/eprint/28 |
Actions (login required)
View Item |