ANALISIS STRUKTURAL PADA CERPEN ANAK MENGGUNAKAN METODE MEMBACA SQ4R

Sudarti, Nila and Mizkat, Eva and Muspita Sari, Rafika (2018) ANALISIS STRUKTURAL PADA CERPEN ANAK MENGGUNAKAN METODE MEMBACA SQ4R. In: Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan 2018. Universitas Asahan, Kisaran, pp. 35-43. ISBN 978-602-50396-1-4

[img] Text
nila, eva mizkat, rafika.pdf - Published Version

Download (322kB)

Abstract

Kegiatan membaca adalah kegiatan yang cukup membosankan bagi kebanyakan orang, karena kegiatan ini hanya ditafsirkan secara tertulis. Tujuan membaca yaitu untuk memperoleh informasi dalam bentuk makna, baik yang tersurat maupun tersirat dalam bahan bacaan, diperlukan keterampilan membaca. Oleh karena itu, penulis menggunakan metode SQ4R (Pertanyaan Survei, Baca, Renungkan, Bacalah, Tinjau). Untuk menganalisis teks sastra dalam bentuk cerita pendek anak-anak yang ditemukan di surat kabar Kompas dari Januari hingga Maret 2013.Hal ini dilakukan untuk mengimplementasikan salah satu metode membaca dengan mengamati unsur-unsur pembentuk karya sastra, yaitu analisis struktural, dan mengeksplorasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalamnya. . Hasil yang diperoleh akan disajikan dalam bentuk deskriptif dengan mengklasifikasikan struktur karya sastra dan mengklasifikasikan nilai pendidikan karakter berdasarkan langkah-langkah dari metode SQ4R. Selanjutnya peneliti dapat menyusun bahan ajar yang sesuai dengan metode ini.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Membaca, Metode SQ4R, Pendidikan Karakter.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat
Date Deposited: 06 Nov 2018 04:03
Last Modified: 14 Feb 2019 11:44
URI: http://repository.una.ac.id/id/eprint/31

Actions (login required)

View Item View Item