HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KOMITMEN ORGANISASI PADA GURU DI SMA DARMAWANGSA MEDAN

Hasanuddin, Hasanuddin (2018) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KOMITMEN ORGANISASI PADA GURU DI SMA DARMAWANGSA MEDAN. In: Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan 2018. Universitas Asahan, Kisaran, pp. 72-79. ISBN 978-602-50396-1-4

[img] Text
Hasanuddin.pdf - Published Version

Download (574kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosi dengan komitmen organisasi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode expost facto, yang berarti meneliti fenomena yang sudah terjadi. Subjek penelitian yaitu Guru di Sekolah Menengah Atas Darmawangsa Medan yang berjumlah 65 orang. Metode analisis data penelitian menggunakan metode analisis korelasi r product moment, yang bertujuan untuk melihat hubungan kecerdasan emosi dengan komitmen organisasi. Hasil analisis statistik dengan menggunakan korelasi r product momentmenunjukan ada kecerdasan emosi dengan komitmen organisasi dilihat dari nilai koefisien determinan rxy = 0.780 serta nilai koefisien determinan r2 = 0.559 dengan p = 0.000 < 0.050, artinyasemakin tinggi kecerdasan emosi maka semakin tinggi komitmen organisasi pada guru. Nilai koefisien determinan r2 = 0.559 berarti sumbangan efektif atau kontribusi kecerdasan emosi terhadap komitmen organisasi sebesar 55.9%.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosi, Komitmen Organisasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat
Date Deposited: 06 Nov 2018 05:55
Last Modified: 14 Feb 2019 11:45
URI: http://repository.una.ac.id/id/eprint/36

Actions (login required)

View Item View Item