PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MAHASISWA SEMESTER 1 FKIP UNA

Subagiharti, Heni (2018) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MAHASISWA SEMESTER 1 FKIP UNA. In: Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan 2018. Universitas Asahan, Kisaran, pp. 104-111. ISBN 978-602-50396-1-4

[img] Text
Heni subagihari.pdf - Published Version

Download (382kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan MahasiswaSemester 1 FKIP UNAdalam kemampuan menulis puisi setelah mengikuti pembelajaran yang didesain dengan penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL). Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menulis puisi padaMahasiswaSemester 1 FKIP UNA mulai dari siklus I dan siklus II. Nilai-rata-rata mahasiswa meningkat dari 72.35 menjadi 76.32. Hasil tes menulis puisi siklus I dengan nilai rata-rata mencapai 72.35 termasuk dalam kategori cukup karena berada pada rentang nilai 56-75. Hasil tes menulis puisi pada siklus II didapat nilai rata-rata sebesar 76.32. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa nilai rata-rata tersebut termasuk dalam kategori baik yakni berada dalam rentang antara 60-79. Pencapaian skor tersebut berarti sudah memenuhi bahkan melampaui target yang sudah ditetapkan

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching And Learning (CTL) dan Menulis Puisi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat
Date Deposited: 06 Nov 2018 07:36
Last Modified: 14 Feb 2019 11:46
URI: http://repository.una.ac.id/id/eprint/40

Actions (login required)

View Item View Item